0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diambil Alih Pusat, Bagaimana Nasib Pegawai Terminal Tirtonadi?

dok.timlo.net
Terminal Tirtonadi sisi barat (dok.timlo.net)

Solo — Kementerian Perhubungan bakal mengambil alih seluruh terminal tipe A termasuk Terminal Tirtonadi. Namun rencana tersebut masih menyisakan tanya. Pasalnya, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai nasib tenaga kerja non-PNS yang ada di sana.

“Yang diakui pusat hanya yang PNS. Sementara yang non-PNS tidak,” kata Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, Jumat (27/5).

Total tenaga kerja yang ada di Terminal Tirtonadi saat ini mencapa 206 orang. Dari jumlah tersebut, 96 merupakan PNS sisanya sebanyak 110 orang terdiri dari 41 tenaga honorer kategori 2 (K2), dan 69 tenaga outsourcing. Tenaga honorer menangani keamanan dan administrasi. Sedangkan tenaga outsourcing terdiri dari pengemudi dan tenaga kebersihan.

Rencananya, dalam waktu dekat pihak UPTD bersama para pemangku kepentingan terkait akan mengemukakan permasalahan 110 orang non-PNS tersebut kepada Kemenhub. Pasalnya, tenggat waktu penyerahan di akhir Desember 2016 itu kian dekat, sedangkan masalah tersebut belum pernah dibicarakan sama sekali.

“Kami akan upayakan supaya pusat juga memikirkan mereka (tenaga non-PNS). Kalau barang sih tidak terlalu sulit. Mau diambil alih atau bagaiman tidak terlalu kita pikirkan. Ini kita bicara manusia,” kata dia.

Kendati demikian, Eko tetap optimis Pemerintah Pusat akan mempertimbangkan nasib tenaga non-PNS. Ia pun berharap detil teknis penyerahan terminal dari Pemerintah Daerah ke Pusat dapat segera dibeberkan dari Kemenhub.

“Saya yakin nanti pusat akan menerima mereka (non-PNS) meskipun mungkin ada yang dikurangi. Jumlahnya kan hanya ratusan jadi tidak berat. Kalau ribuan, menanggungnya kan berat,” kata dia.

Editor : Ari Kristyono

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge