0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPDB SMAN Solo, Kuota Siswa Luar Kota Dikurangi

Sekretaris Dikpora Solo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo menyatakan, kuota siswa luar kota untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Solo tahun ajaran 2016/2017 dikurangi. Pengurangan itu berlaku bagi sejumlah SMA negeri.

“Mekanisme PPDB Online Kota Solo tahun ini ada perubahan berkaitan dengan kuota penerimaan siswa asal luar Kota Solo di beberapa sekolah,” jelas Sekretaris Dinas Dikpora Kota Solo, Aryo Widyandoko kepada wartawan, Jumat (27/5).

Tahun lalu, menurut Aryo, kuota siswa luar Kota Solo di sekolah-sekolah negeri ditetapkan sama, yakni maksimal 20 persen. Namun kali ini ada kebijakan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk membatasi penerimaan siswa luar kota tersebut dengan persentase yang berbeda di sejumlah sekolah. Adanya kebijakan tersebut dengan berbagai pertimbangan, terutama melihat tingginya minat pendaftar asal Kota Solo sendiri.

Untuk SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 7, kata Aryo, kuota penerimaan siswa asal luar kota ditetapkan maksimal 5 persen dari daya tampung sekolah setelah dikurangi kuota siswa dari keluarga miskin (Gakin) dan kuota siswa berprestasi di bidang olah raga. Sementara untuk SMAN 2, SMAN 5, dan SMAN 6, kuota ditetapkan maksimal 10 persen.

“Khusus SMAN 8, kuota untuk siswa luar kota tidak dibatasi dengan pertimbangan beberapa tahun terakhir ini masih ada kursi kosong,” ungkap Aryo.

Terkait penyelenggaraan PPDB Online 2016, Aryo memastikan petunjuk teknis (Juknis) PPDB akan ditetapkan dalam waktu dekat ini, sehingga dapat disosialisasikan kepada masyarakat segera.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge