0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diterima PTN, Siswa Karanganyar Terima Insentif

dok.timlo.net/nanang rahadian
Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Karanganyar, Agus Hariyanto (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Pemkab Karanganyar kembali memberikan bantuan insentif bagi siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini. Bahkan, siswa yang terlambat mengajukan mulai dari lulusan tahun 2014 masih dapat mengusulkan untuk menerima bantuan.

”Kuotanya tidak terbatas, semua kita tampung. Karena program ini akan terus berlanjut tahun depan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Dispendikpora) Karanganyar Agus Hariyanto, Kamis (26/5).

Misalkan siswa tidak bisa menerima tahun ini, dapat diberikan tahun berikutnya. Sama seperti pembayaran tahun kemarin itu sisa kuota yang tidak terbayar tahun sebelumnya.

Ditambahkan, nominal bantuan yang diberikan masih sama seperti tahun sebelumnya. Yakni untuk siswa yang menempuh S1 sebesar Rp 2,5 juta, program Diploma III Rp juta 1,5, program Diploma II Rp 1,250 juta dan Diploma I Rp 1 juta. Selama siswa tersebut masih berstatus sebagai mahasiswa dapat mengajukan.

”Siswa hanya menerima satu kali,” jelasnya.

Penerima insentif tersebut adalah siswa warga Karanganyar. Bantuan juga diberikan kepada siswa warga Karanganyar yang bersekolah di luar Karanganyar. Untuk kategori tersebut dapat langsung mendaftar di kantor Dispendikpora dan diharuskan membawa syarat KTP, Kartu Mahasiswa, dan ijazah SMA.

”Setelah semua syarat terpenuhi kita ajukan untuk mendapat SK dari Bupati. Selanjutnya, bantuan siap dicairkan melalui rekening Bank Jateng,” terangnya.

Sejak tahun ke 2014 sudah menyalurkan bantuan ke 1.764 siswa. Sejumlah orang tua murid mengapresiasi pemberian bantuan insentif tersebut. Salah satunya Sugino (47) orang tua Yudha Cahyanindra (18) peraih nilai tertinggi se Kabupaten Karanganyar.

”Bantuan ini cukup bagus. Siswa jadi termotifasi untuk belajar serius, karena kalau diimingi-imingi hadiah semangatnya lebih terpacu,” kata warga Nglebak, Tawangmangu itu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge