0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dihujat, Robinson Copot Tulisan Department Store dari Papan Nama

timlo.net/ichsan rosyid
Papan nama Robinson (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Manajemen Robinson Department Store menghapus tulisan Department Store di papan nama toko yang berada di kompleks hotel Swiss Belinn Saripetojo itu, menyisakan tulisan Robinson saja. Keputusan itu diambil menyusul munculnya polemik di masyarakat mengenai lokasi toko Robinson yang berdekatan dengan Pasar Purwosari.

“Kita hapus karena ternyata nama itu menimbulkan praduga di masyarakat. Daripada nanti jadi masalah,” kata Humas PT Jakarta Intiland, Setyadi Surya, Kamis (26/5).

Ia menjelaskan, departement store adalah toko yang menjual pakaian. Namun banyak masyarakat yang salah sangka bahwa Robinson juga menjual bahan-bahan makanan layaknya pasar tradisional. Kesalahpahaman itu, menimbulkan kegaduhan sehingga mengantisipasi dengan menghapus tulisan Department Store yang tertera di bawah tulisan Robinson.

“Secara konsep dan pengelolaan tidak ada perbedaan. Hanya tulisan itu saja yang kita hapus,” kata dia.

Menurut Perda Surakarta No 5 tahun 2011, Department Store adalah tempat usaha untuk melakukan penjualan secara eceran barang konsumsi utamanya produk sandang dan perlengkapannya dengan penataan barang berdasarkan jenis kelamin dan/atau tingkat usia konsumen. Sedangkan batas luasan Department Store adalah 400 Meter persegi.

Meski tak menyandang label department store lagi, pengelolaan dan luasan Robinson tetap sama. Bila ditilik dari pengertian yang ada dalam perda tersebut, kemungkinan besar Robinson masih tergolong dalam toko modern yang harus mengatur jarak dengan pasar tradisional.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge