0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semua SMA/SMK Siap Layani PPDB Online

Sekretaris Disdikpora Karanganyar, Agus Haryanto (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar  – Semua sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat diupayakan untuk bisa melayani penerimaan siswa didik baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017 secara online. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Karanganyar mulai menyiapkan untuk membuka pendaftaran 27 Juni mendatang.

“Penerimaan siswa didik baru tahun ajaran 2016/2017 dilaksanakan melalui sistem online dan offline,” kata Sekretaris Dispendikpora Karanganyar Agus Hariyanto, Kamis (26/5).

Agus mengatakan, sekolah yang sudah siap menyelenggarakan PPDB online yakni 48 SMPN, 16 SMP swasta, 12 SMAN dan swasta, 29 SMKN dan swasta. Dispendikpora mengupayakan semua SMAN dan SMKN bisa melayani PPDB secara online.

”Meskipun sifatnya pasif, artinya sekolah itu tetap bisa dipilih melalui online. Namun pendaftar tidak bisa dientri langsung ke sekolah itu. Entrinya harus ke sekolah lain,” kata Agus.

Dijelaskan Agus, sesuai kalender akademik, PPDB baik online maupun offline dibuka mulai 27 Juni hingga 29 Juni mendatang. Setiap sekolah sudah mulai menyerahkan kuota PPDB ke dinas. Selanjutnya, PPDB akan segera diumumkan.

”PPDB online bisa update sehari. Kalau memungkinkan penerimaan dapat diumumkan hari itu juga. Jadi hasilnya langsung diketahui 1 X 24 jam setelah pendaftaran,” terangnya.

Pihaknya juga menggandeng operator seluler sebagai pihak ke tiga yang mengelola PPDB online. Hal itu untuk meminimalisir kecurangan seperti siswa titipan. Karena tidak menutup kemungkinan, PPDB dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge