0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kurang Tidur Buat Orang Gampang Kena Pilek

dok.timlo.net/google.images
Tidur. (dok.timlo.net/google.images)

Timlo.net—Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California di San Francisco, Amerika Serikat (AS), orang yang kurang tidur lebih gampang sakit. Dalam penelitian itu, mereka yang tidur 5 jam atau kurang, memiliki resiko terkena pilek 28 persen lebih besar dibandingkan mereka yang tidur 7 hingga 8 jam.

Yang lebih buruk, penderita gangguan tidur seperti obstructive sleep apnea, memiliki resiko terkena pilek 2 dua kali lebih besar. Alasan kenapa orang yang kurang tidur gampang sakit adalah karena sel T. Sel itu adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dalam melaawan virus penyebab pilek. Sel T tidak terbagi secara efisien bila orang kurang tidur, kata pemimpin penelitian Aric A. Prather, Ph.D.

Hal ini berarti lebih sedikit sel-sel pelawan penyakit tersedia untuk membersihkan virus dari sistem dan mencegah Anda terkena pilek, katanya. Sayangnya belum ada penelitian yang menyatakan jika meningkatkan durasi tidur bisa menurunkan resiko infeksi. Tapi Prather masih menyarankan orang tidur paling tidak 7 jam di malam hari.

Hasil penelitian ini, sesuai dengan panduan yang dikeluarkan oleh the American Academy of Sleep Medicine. Tidur selama 7 jam juga membantu menjaga kesehatan tubuh dan mental juga fungsi kognitif tetap optimal.

Kadang-kadang mengalami kesulitan untuk tidur adalah hal normal, terutama saat kita mengalami stres atau terjadi perubahan besar dalam hidup kita. Tapi jika Anda sering mengalaminya, maka Anda perlu memeriksakan hal tersebut kepada dokter.

Sumber: Men’s Health.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge