0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketoprak Seniman Muda Kolaborasi dengan Pecas Ndahe

dok.timlo.net/tyo eka
Ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS) berkolaborasi dengan Orkes Humor Pecas Ndahe menggelar pementasan ketoprak di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Surakarta, Sabtu (28/5) mendatang. Pentas yang dimulai pukul 20.00, mengangkat lakon kisah kontemporer “Padepokan Segawe Galau”.

“Pentas tetap dengan konsep ketoprak klasik, namun akan dikolaborasikan dengan group musik humor Pecas Ndahe,” ungkap Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro kepada wartawan, di Solo, Kamis (26/5).

Tatak mengatakan, KSMS ingin membuktikan ketoprak itu pertunjukkan rakyat yang fleksibel. Bisa untuk semua lapisan dan kalangan masyarakat, dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. KSMS ingin menghapus stigma ketoprak hanya untuk kalangan tua saja.

“Pentas akan disutradarai Dwi Mustanto, sutradara muda KSMS. Ini sekaligus sebagai sarana estafet dan  regenerasi, agar anak-anak generasi ketiga dalam KSMS bisa eksis dan bisa melanjutkan keberlangsungan seni ketoprak,”jelasnya.

Pada kesempatan itu, Sutradara Dwi Mustatanto mengatakan, lakon yang diangkat  memang bukan kisah klasik atau kisah babad, namun merupakan kisah carangan. Disesuaikan dengan kondisi kekinian, berlatar belakang krisis finansial di Kadipaten Nusa Rukmi menggiring sang adipati harus membubarkan Padepokan Segawe.

Keputusan ini membuat para kawula padepokan galau, karena Padepokan Segawe  merupakan sawah ladang mereka dalam mencari nafkah. Mereka menunggu keputusan dari adipati, kemana padepokan akan direlokasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge