0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fauzi Ramadhani Raih Juara 1 OSN Tingkat SMP

Fauzi Ramadhani (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dani, panggilan akrab Fauzi Ramadhani, siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nur Hidayah Surakarta berhasil memperoleh juara 1 Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional mata pelajaran IPS yang diselenggarakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Dani berhak membawa medali emas dan uang pembinaan Rp 5 juta. Sebelumnya Dani telah melalui seleksi tingkat Kota Solo dan tingkat Propinsi Jateng.

“Sebelum maju ke tingkat nasional, saya menjalani pembinaan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah selama 10 hari di Semarang,” ungkap Dani kepada wartawan, di Solo, Kamis (26/5).

Menurut Dani, OSN tingkat SMP diikuti sebanyak 396 siswa dari 34 propinsi di Indonesia yang diselenggarakan  oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengangkat tema “Membangun Integritas Melalui Prestasi Sains”.

Sementara itu, para peserta telah melalui seleksi bertahap dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Sebanyak tiga cabang lomba untuk siswa SMP, yaitu Matematika, IPA, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rinciannya peserta OSN SMP tingkat nasional, 132 siswa di bidang Matematika, 132 siswa bidang IPA, dan 132 siswa di bidang IPS.

Olimpiade ini diarahkan sebagai salah satu sarana bersifat implementatif dan efektif. Tujuan diadakan OSN ini adalah untuk membina dan membangun karakter siswa. Para siswa juga diajak mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan berkompeteisi sehat melalui kegiatan ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge