0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran, Warung Terminal Krisak Disidak

dok.timlo.net/tarmuji
Warung di Terminal Giri Adipura Krisak disidak (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, tim Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta mengambil sampel di sejumlah warung makan di Terminal Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Wonogiri, Kamis (26/5).

“Inspeksi sanitasi, sampel makanan nanti akan kita bawa ke laboratorium dan hasilnya kita serahkan ke DKK Wonogiri. Selanjutnya, DKK menyerahkan ke Puskesmas dan Puskesmas melakukan sosialisasi ke sejumlah warung,” kata Ketua Tim Inspeksi Sanitasi BBTKLPP Yogyakarta, dr Ratna Wijayanti.

Menurutnya, jika hasil laboratoriumnya jelek, pemilik warung diwajibkan untuk menjaga sanitasi sesuai standar yang ditentukan, kalau hasilnya baik, disarankan untuk tetap mempertahankan.

Sedang, soal sanitasi,pihaknya menemukan beberapa catatan lantaran ada hal-hal yang tidak dilakukan oleh pemilik warung. Di antaranya para pemilik warung tidak mengenakan clemek saat melayani pembeli, tidak cuci tangan terlebih dahulu saat mengambil makanan untuk pembeli, pencucian alat-alat dapur tidak menggunakan air yang mengalir.

“Ini merupakan Sidak menjelang mudik Lebaran, yang kita ambil sampelnya hanya warung-warung yang banyak pengunjungnya,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge