0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengintip Indonesian Weekend di London

Potters Field, London (newlondondevelopment.com)

Timlo.net – Tim promosi wisata tanah air, Wonderful Indonesia, tampil di Potters Field, London, pada Sabtu-Minggu (28-29/5) besok dalam ajang Indonesian Weekend. Event ini memamerkan potensi budaya, wisata, fashion dan kuliner Indonesia.

“Penggagas acara ini adalah sebuah komunitas warga Indonesia yang tinggal di London. Kami dari Kementerian Pariwisata juga akan mempromosikan daerah-daerah wisata lain di Indonesia,” terang Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya, kemarin.

Potters Field adalah sebuah taman seluas 6.200 meter persegi yang berlokasi tak jauh dari ikon wisata Inggris, Tower Bridge dan Tower of London. Saat akhir pekan, kawasan ini selalu ramai dikunjungi puluhan ribu orang dari berbagai negara. Diharapkan, acara ini bisa menarik perhatian sekitar 70.000 orang warga London, yang melintas di kawasan itu.

Sejauh ini, kawasan Eropa, utamanya Inggris, masih menjadi pasar pariwisata yang seksi bagi Indonesia. Dari data Kementerian Pariwisata, sepanjang tahun lalu, jumlah wisatawan Eropa yang datang ke Indonesia mencapai jumlah sekitar satu juta orang. Para wisatawan Eropa paling banyak datang dari Inggris, Belanda, Jerman, Perancis dan Rusia.

“Tahun lalu, jumlah turis Inggris mencapai 230.000 jiwa dan pada 2016, sejauh ini sudah 300.000 orang atau meningkat 28,22 persen,” tambah Nia.

Dia mengakui, jumlah wisatawan asal negeri tetangga seperti Singapura, Malaysia, atau Tiongkok jauh melampaui jumlah wisatawan Eropa. Namun, lanjut Nia, masa tinggal wisatawan Eropa di Indonesia jauh lebih panjang dengan uang yang dibelanjakan juga jauh lebih banyak.

“Mereka rata-rata tinggal di Indonesia selama dua pekan dan rata-rata membelanjakan USD 2.500,” papar Nia.

Tujuan utama para wisatawan Eropa, sejauh ini masih Bali. Namun, biasanya mereka melanjutkan ke destinasi lain setelah puas berlibur di Bali.

“Ajang ini akan kami pergunakan untuk mempromosikan kawasan wisata lain selain Bali. Setidaknya ada 10 destinasi wisata ‘new Bali’ yang akan siap pada 2019,” kata Nia.

Dia menyebut, saat ini ada 10 destinasi wisata branding yang sudah sangat siap untuk dipromosikan ke pasar pariwisata Eropa. Destinasi-destinasi itulah yang akan ikut dipromosikan di Potters Field.

“Indonesia punya Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo – Tengger – Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai. Kita juga punya kawasan Joglo Semar dan Banyuwangi, Jawa Timur. Destinasi-destinasi ini akan kami promosikan di Inggris,” tuturnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge