0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ongkos Bongkar Cair, Rumah Deret Segera Dibangun

Rumah deret yang berada di belakang Pura Mangkunegaran (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo bakal melanjutkan pembangunan rumah deret di bantaran Kali Pepe yang melintas di Kelurahan Ketelan. Proyek tersebut ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2016. Kali ini, program revitalisasi kawasan kumuh itu menyasar delapan hunian di sisi barat Jembatan Pasar Legi.

“Bulan ini ongkos bongkar dan transportasinya sudah kita berikan,” kata Walikota Solo, Selasa (24/5).

Nilai ongkos bongkar sendiri bervariasi setiap rumah sesuai luas dan kondisi bangunan. Penghuni rumah yang akan dibongkar memperoleh uang sebesar Rp 200 Ribu per meter untuk bangunan permanen. Sedangkan untuk bangunan non-permanen, ongkos bongkar hanya Rp 100 Ribu per meter.

Dari sisi konsep, rumah deret yang akan dibangun itu akan mengadopsi rumah deret di sisi Barat Jembatan Pasar Legi yang sudah selesai dibangun sebelumnya. Lantai pertama  dimanfaatkan untuk kios. Sedangkan rumah tinggal akan dibangun di lantai dua.

“Hanya saja nanti kiosnya kita buat terbuka. Tidak tertutup tembok seperti yang di timur (jembatan) karena mereka berjualan tanaman sehingga butuh cahaya matahari,” terang Kepala Dinas Pelayanan Umum, Endah Sitaresmi.

Pembangunan rumah deret merupakan salah satu rangkaian program penataan Kali Pepe yang sudah berjalan sejak beberapa tahun silam. Pamkot berambisi menyulap kawasan kumuh di sepanjang bantaran kali Pepe mulai dari kawasan Keprabon hingga Terminal Tirtonadi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge