0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tersangka Ilegal Loging Tidak Ditahan, Ini Alasannya

timlo.net/putra kurniawan
Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Warga Desa Sanggang, Kecamatan Bulu terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian karena menebang lima batang pohon di hutan lindung KPH Wonogiri. Namun pihak kepolisian tidak menahan tersangka dengan berbagai pertimbangan.

“Sebenarnya kita tidak tega melihat kondisi tersangka, karena memang kondisinya sangat memprihatinkan, tapi bagaimanapun proses hukum tetap berjalan. Namun saat ini tersangka tidak kami tahan,” kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, Rabu (25/5).

Pohon mahoni ini rencananya akan digunakan tersangka berinisial S (46) untuk memperbaiki rumahnya yang rusak sejak beberapa tahun yang lalu. Tersangka mengaku terpaksa mengambil kayu dari hutan lindung karena tidak punya biaya untuk memperbaiki rumah.

Saat ditemukan petugas, sudah menjadi sejumlah potongan kayu siap pakai untuk memperbaiki atap rumah. Kelima batang pohon Mahoni ini dipotong dari hutan lindung di samping rumahnya sebulan yang lalu.

“Tersangka kita jerat dengan UU nomor 18 tahun 2013 pasal 82 ayat 1 dan 2 tentang kehutanan, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. Namun saat ini tidak kami tahan karena dia tidak akan melarikan diri dan tidak akan menhulangkan barang bukti,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge