0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-91 Rosario Castellanos

rosario castellanos
Rosario Castellanos. ()

Timlo.net—Google merayakan ulang tahun ke-91 penyair Meksiko bernama Rosario Castellanos. Rosario lahir di Kota Meksiko pada 1925. Setahun setelah kelahirannya, keluarganya kembali di desa di Chiapas, dekat Guatemala, tempat asal mereka. Pada usia 16, keluarganya kembali ke Kota Meksiko. Mereka pergi karena peternakan dan tanah mereka diambil pemerintah sebagai bagian dari program reformasi tanah pada 1930-an.

Castellanos mulai menulis puisi pada 1940 dan karyanya diilhami oleh identitas dan semangatnya sebagai orang Chiapas. Pada awalnya dia berusaha menyenangkan hati orang tuanya dengan belajar hukum, tapi wanita itu akhirnya meninggalkan karirnya dan pada 1950 memperoleh gelar master di bidang filosofi dari the Universidad Nacional de Mexico. Tesisnya, Sobre cultura femenina, menjadi bagian dari mulainya gerakan wanita.

Pada 1952, dia bekerja dengan the Instituto Indigenista. Castellanos merupakan seorang penulis yang produktif, menghasilkan buku-buku puisi, novel dan beberapa cerita pendek, naskah teater dan koleksi esai. Dalam banyak karyanya, dia menjelajahi realitas ganda menjadi seorang wanita dan seorang Meksiko.

Dia mungkin paling dikenal untuk koleksi ceritanya, Ciudad real, sebuah potret tentang penduduk asli Chamula. Untuk menulis buku ini, Castellanos berbicara dengan para ahli anthropologi dan dokter yang berjuang untuk menyelesaikan masalah di wilayah itu. Banyak karyanya yang diterjemahkan ke Bahasa Inggris dan bahasa lain.

Sumber: BBC

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge