0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Program CSR Hantar Sigit Raih Doktor UNS

Sigit saat mempertahankan Disertasi (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Kasus Program CSR PT Aneka Tambang Dalam Pengelolaan Air Bersih menghantar Sigit Pranawa meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS). Sigit meraih Doktor setelah mempertahankan disertasinya di ruang Sidang UNS, Solo, Selasa (24/5).

“PT Antam memang dibangun untuk menambang, bukan untuk melalukan kegiatan sosial,” ungkap Sigit saat menyampaikan disertasinya yang berjudul Pemberdayaan Masyarakat Pertambangan Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Kasus Pada Program CSR PT Aneka Tambang Dalam Pengelolaan Air Bersih di Tiga Desa di Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor).

Namun oleh masyarakat, menurut Sigit, kegiatan PT Antam dianggap berdampak pada berkurangnya ketersediaan air bersih. Oleh karena itu sudah seyogyanya jika PT Antam ikut bertanggung jawab.

Menurut Sigit yang juga dosen Universitas Nasional Jakarta, ada dua hal yang dapat dikemukakan, yakni dalam melaksanakan program CSR, perlu dipilih kegiatan yang paling bermanfaat bagi masyarakat. Jenis kegiatan bisa dipilih dari yang paling dekat dengan aktivitas perusahaan.

“Dalam kasus di Kecamatan Nanggung yang menerima dampak dari aktivitas penambangan, pembangunan sarana air bersih sangat tepat,” jelasnya.

Selain itu, kata Sigit, keberadaan gurandil tidak lepas dari hadirnya PT Antam. Oleh karena itu, PT Antam perlu ikut menyosialisasikan bahwa cara penambangan dan pengelolaan ems tradisional yang selama ini mereka lakukan akan berdampak panjang pada masa depan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge