0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Ramadan, Sejumlah Komoditas Berpotensi Naik

foto: Setyo
Bandoe Widiarto (foto: Setyo)

Solo – Sejumlah komoditas kebutuhan pokok berpotensi mengalami kenaikan harga saat jelang Ramadan. Hal itu terjadi karena permintaan dari masyarakat yang cenderung meningkat, serta stok barang yang terbatas.

“Beberapa komoditas yang berpotensi mengalami kenaikan harga, diantaranya adalah cabe merah besar, telur ayam ras, minyak goreng, gula pasir dan beras,” ujar Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Selasa (24/5).

Dikatakan dia, beberapa komoditas tersebut berpotensi mengalami kenaikan harga karena biasanya permintaan masyarakat saat Ramadan cenderung meningkat. Sedangkan khusus untuk cabe merah besar, karena dipengaruhi cuaca. Sehingga menyebabkan pasokan barang berkurang.

“Untuk menyikapi hal itu, kita telah mengeluarkan program antisipasi. Yaitu 5 K, diantaranya adalah ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, komunikasi, kerjasama dan koordinasi,” jelasnya.

Dengan adanya program 5 K tersebut, diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas dengan semua pihak yang berkepentingan. Mulai dari pemerintah, distributor dan aparat keamanan.

Bandoe juga menyampaikan, dari koordinasi yang telah dilakukan dengan para distributor di Soloraya, untuk stok kebutuhan pokok saat ini relatif aman hingga nanti menjelang Lebaran. Bahkan untuk komoditas bawang merah dan cabe cenderung turun.

“Petani bawang merah dan cabe di Jawa Tengah saat ini sedang panen. Melihat kondisi itu diperkirakan harga cenderung turun. Sedangkan untuk stok beras di bulog juga masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hingga lima bulan kedepan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge