0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Kedepankan Diversi Restorative Justice pada MIM Polokarto

timlo.net/putra kurniawan
Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Kepolisian sangat mendukung kasus pembakaran MIM Desa Ngombakan, Polokarto dilakukan secara kekeluargaan. Namun demikian harus dengan menjalankan proses hukum yang berlaku untuk melindungi pelaku yang masih anak-anak.

“Proses hukum terus berjalan sesuai dengan perundang-undangan peradilan anak, di sana mengatur penyelesaian kasus secara diversi restorative justice, dan saat ini masuk dalam tahap mediasi. Besok kita akan kembali periksa tersangka oleh ahli psikologi dan kejiwaan,” kata Kapolres AKBP Ruminio Ardano, Selasa (24/5).

Sampai saat ini pihak kepolisian sudah menjalin kerjasama dengan Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam penyelesaian kasus. Dari hasil pemeriksaan terhadap tiga saksi dan pengembangan lainnya, tidak ada keterlibatan orang lain dalam peristiwa pembakaran ruang kelas tersebut.

Besok akan kembali dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui latar belakang dan motif tersangka oleh tim psikolog dan dokter ahli kejiwaan. Hal ini untuk menghilangkan opini yang berkembang seperti dugaan keterlibatan orang lain.

“Jangan sampai anak ini dijadikan bahan eksploitasi untuk kepentingan orang lain yang tidak bertanggungjawab, dan dalam penyelesaian kasus ini kita kedepankan diversi restrative justice,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge