0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Akan Tutup Robinson Jika Salahi Aturan

timlo.net/achmad khalik
Department Store di Kawasan Purwosari (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Walikota Solo mengaku tidak tahu menahu mengenai proses perijinan Robinson Department Store di kompleks Hotel Swiss Belinn, Purwosari. Toko modern yang dibangun di atas eks pabrik es Saripetojo itu dipermasalahkan lantaran berada di dekat Pasar Purwosari yang dikelola secara tradisional.

“Saya tidak hafal dulu ijinnya bagaimana. Apakah hanya hotel saja apakah dengan berjualan pakaian atau bagaimana. Tapi yang jelas tidak boleh ada mal,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Pada tahun 2011 silam, rencana pembangunan mal di lokasi tersebut mendapat perlawanan keras dari Walikota Solo yang waktu itu dijabat Joko Widodo. Alasannya, Pemkot Solo ingin melindungi keberadaan Pasar Tradisional dengan membatasi pembangunan mal di Solo. Akhirnya mal yang akan dibangun di atas aset milik Pemerintah Provinsi itu urung dikerjakan.

“Yang paling penting, apa yang dijual di hotel itu tidak boleh sama dengan yang dijual di toko-toko kelontong dan pasar tradisional,” kata dia.

Pria yang baru tiga bulan lalu dilantik menjadi Walikota Solo itu mengaku tidak tahu konsep yang akan dijalankan di Robinson Department Store. Kendati demikian ia menegaskan Pemkot tidak akan segan-segan mencabut ijin toko tersebut bila memang melanggar perijinan.

“Akan kita tutup seperti yang sudah-sudah. Presiden Jokowi kan juga sudah berpesan kepada pemerintah daerah tidak boleh lembek menegakkan aturan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge