0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Hambat Pengerukan Waduk Cengklik

Proses pengerukan Waduk Cengklik terkendala cuaca,hujan yang turun mengakibatkan elevasi air meningkat (timlo.net/nanin)

Boyolali — Hujan yang menguyur Boyolali beberapa hari ini, mengakibatkan elevasi air di Waduk Cengklik mengalami peningkatan. Akibatnya, proses pengerukan mengalami kendala. Pasalnya, eskavator atau alat berat tidak bisa bergerak.

“Terpaksa saat hujan pengerukan kita hentikan, alat berat tidak bisa bekerja,” kata Pardio, Pelaksana Pengerukan Waduk Cengklik, Selasa (24/5).

Untuk proses pengerukan selanjutnya, ujar Pardio, dilakukan di titik-titik yang tidak tergenang air. Sebelumnya, pengerukan di lakukan di wilayah Sobokerto, namun karena elevasi air waduk meningkat, pengerukan dipindah ke lokasi lain. Bila dipaksakan, dikhawatirkan alat berat akan ambles ke tanah yang lembek.

“Kita pilih-pilih lokasi, kita optimalkan dititik yang tidak tergenang air,” tambahnya.

Saat ini, ada 14 alat berat yang dikerahkan untuk pengerukan. Tujuh alat berat digunakan untuk mengeruk sedimentasi dan tujuh lainnya digunakan untuk menumpuk tanah menjadi tanggul. Tanah yang dikeruk tidak dibuang, namun ditumpuk di pinggir waduk sebagai penguat tanggul. Sementara di sisi selatan waduk, dilakukan proses penguatn tanggul dengan cor beton bertulang.

“Tujuannya agar tanggul lebih kuat,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge