0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Strategi Generik Porter Hantar Asep Raih Gelar Doktor UNS

Asep Rokhayadi Permana Saputra kiri berhasil raih gelar doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pengaruh Strategi Generik Porter telah menghantar Asep Rokhayadi Permana Saputra meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan nilai 3,55 ata predikat sangat memuasan. Asep tercatat sebagai Doktor ke 20 Program Doktor Ilmu Ekonomi UNS.

Dalam disertasinya berjudul Pengaruh Strategi Generik Porter Pada Kinerja Perusahaan Dengan Produk Hijau Sebagai Variabel, Asep menjelaskan secara empiris pengaruh Strategi Generik Porter (Diferensiasi dan Kepemimpinan Biaya) pada kinerja perusahaan.

“Selain itu, menjelaskan secara empiris dampak pemoderasi produk hijau terhadap pengaruh strategi generasi porter pada kinerja perusahaan,” jelas Asep di depan Dewan Penguji Prof Drs Sutarno MSc PhD, di Sidang Rektor UNS, Solo, Senin (23/5).

Berdasarkan hasil penelitian, kata Asep, strategi diferensi berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan, dan begitu pula Strategi Kepemimpinan biaya berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan. Sementara hasil pemoderasian menunjukkan Produk Hijau (PH) memperlemah pengaruh strategi Diferensiasi (D) pada Kinerja Perusahaan (KP).

“Demikian pula Produk Hijau (PH) memperlemah pengaruh strategi kepemimpinan biaya  pada kinerja perusahaan,” jelasnya.

Menurutnya, manfaat produk hijau yang menunjang keunggulan bersaing. Di antaranya, penghematan biaya operasi dan biaya penanganan limbah, penghematan biaya perusahaan untuk pembayaran denda dan tuntutan masyarakat yang diakibatkan oleh kasus pencemaran lingkungan, dan peningkatan keuntungan dari hasil penjualan produk ramah lingkungan yang disebabkan oleh makin tingginya kesadaran dan apresiasi konsumen terhadap pentingnya perlindungan dan pelestarian lingkungan, serta kesediaan konsumen membayar harga yang lebih mahal untuk produk-produk ramah lingkungan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge