0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Langgar Perda, Robinson Terancam Ditutup

timlo.net/achmad khalik
Department Store di Kawasan Purwosari (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Pusat perbelanjaan yang bakal dibuka di Swiss Belinn Saripetojo Purwosari dinilai kalangan legislatif melanggar Perda Kota Solo. Tak tanggung-tanggung, dua Perda bahkan dilanggar sekaligus yakni Perda Nomor 8/2009 tentang Bangunan dan Perda Nomor 1/ 2010 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Pasar.

“Ini jelas sekali ada penyimpangan ijin peruntukan bangunan. Yang awalnya hotel, mulai dilengkapi dengan pusat perbelanjaan. Padahal, kurang dari 500 meter di kawasan tersebut ada pasar tradisional,” terang Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (FDNR), Supriyanto, Senin (23/5).

Pemkot, kata Supri, telah melakukan pembiaran terkait berdirinya pusat perbelanjaan dengan nama Robinson milik PT Jakarta Intiland atau satu group dengan Ramayana tersebut. Padahal, dikawasan tersebut telah menjamur pusat-pusat perbelanjaan besar lainnya.

“Kalau dihitung sudah ada dua pusat perbelanjaan besar dikawasan tersebut, yakni Solo Square dan Solo Grand Mall. Apa masih mau ditambah lagi, terus bagaimana dengan nasib pasar tradisionalnya,” tandas Supriyanto.

Atas pertimbangan tersebut, kalangan legislatif meminta supaya Pemkot bertindak tegas dalam menegakkan aturan Perda yang telah disepakati bersama. Dengan cara, menghentikan acara launching yang akan digelar pihak Robinson dalam waktu dekat ini.

“Pemkot bisa langsung melakukan eksekusi. Kalau ini dibiarkan, maka komitmen Pemkot untuk pemerintahan bersih tanpa korupsi, kolusi, dan nepotisme sangat diragukan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge