0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hermawan Anderu

Mantan Penjaga Warnet Ini Sukses Berbisnis Online

Hermawan Anderu (dok.timlonet/ichsan rosyid)

Solo —¬†Usianya baru 26 tahun. Berangkat dari office boy di sebuah warnet di Jakarta, pemuda yang satu ini sukses menjalankan bisnis online beromset ratusan juta per bulan. Dialah Hermawan Anderu, pemrakarsa sekaligus CEO fbtohero.com.

“Saya mulai terjun di bisnis online sejak tahun 2011. Waktu itu berawal dari SEO dan Google Adword,” kata dia di sela-sela Enterpreneur Gathering di The Sunan Hotel, Minggu (22/5).

Pada awal karirnya di bisnis online, lulusan D3 jurusan Desain Komunikasi Visual itu membuka jasa pembuatan website lengkap dengan optimasi mesin pencari (SEO). Namun seiring perkembangan teknologi pemasaran online, kini ia menekuni affiliate marketing dan pemasaran melalui media sosial.

“Pertama kali mencoba affiliate marketing, saya berhasil menjual produk senilai USD 50 ribu dalam satu minggu atau sekitar Rp 650 juta. Waktu itu saya menarget pasar Amerika dan Jerman,” akunya.

Meski nilainya besar, ia merasa pemasukan dari affiliate marketing tidak bisa kontinyu. Produk yang potensial untuk dipasarkan dengan sistem affiliate tidak setiap saat ada. Untuk mengisi jeda waktu tersebut, ia pun memasarkan produk herbal secara online.

“Tetangga-tetangga saya belikan handphone untuk membantu memasarkan. Dalam tiga bulan, omset saya mencapai Rp 750 juta dipotong biaya iklan Rp 200 juta,” kata dia.

Perjalanannya menapaki bisnis online tidak mulus. Pernah ia memberi kesempatan kepada seorang teman untuk memasarkan produknya. Penjualan dari temannya itu cukup menggembirakan, mencapai jutaan rupiah. Namun sampai sekarang uang hasil penjualan itu tidak pernah ia terima.

“Itu jadi pelajaran buat saya. Untuk pemula yang ingin terjun ke bisnis online saya sarankan yang penting yakin saja bahwa kita akan berhasil. Nanti dalam perjalanan akan ada saja solusi, entah dari mana,” tuturnya.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge