0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

346 Tahun Keraton Kartasura, Warga Gelar Kirab Budaya

Seniman reog ikut dalam kirab budaya hut keraton kartasura (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Warga Kelurahan Kartasura bersama Paguyuban Kawulo Keraton Surakarta (Pakaso) menggelar seangkaian kegiatan peringatan hari jadi Keraton Kartasura yang ke 346. Even yang kembali diadaan setelah vakum selama lima tahun ini diawali dengan kirab budaya dan bazar.

“Terakhir kali kita mengadakan kegiatan ini tahun 2011 dan setelah itu baru kali ini kita kembali mengadakan karena memang biayanya tidak sedikit. Namun karena keinginan warga untuk melestarikan budaya cukup tinggi, kita kembali adakan dengan swadaya,” kata Kepala Kleurahan Kartasura, Didik Istiadi, Minggu (22/5).

Kirab budaya dilakukan oleh kawulo kraton dengan mengenakan pakaian adat dan membawa pusaka berupa tombak dan keris. Selain itu, kesenian reog juga ditampilkan untuk menghibur sekaligus mengenalkan budaya jawa kepada masyarakat.

Rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Keraton Kartasura ke 346 ini akan menampilkan sejumlah agenda budaya, seperiti ruatan dan pentas wayang. Sebelumnya masyarakat melakukan kerjabakti membersihkan petilasan keraton yang menyisakan benteng istana dan masjid serta makam leluhur.

“Puncak peringatan nantinya pada tanggal 4 Juni 2016 dengan agenda ruatan keraton dan pementasan wayang kulit. Kami berharap agenda budaya ini mendapat respon positif dari pemerintah kabupaten dan menjadi destinasi wisata pilihan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge