0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMKM Didorong Miliki Sertifikat Produk

timlo.net/nanin
Sarasehan untuk Meningkatkan Kapasitas UMKM Masyarakat Desa (timlo.net/nanin)

Boyolali — Seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diharapkan memiliki sertifikasi produk agar bisa bersaing dalam pasar global. Hal itu diungkapkan Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Soeharto, Bob Hasan.

“Potensi UMKM di Indonesia sangat tinggi, tapi sayang kebanyakan pelaku UMKM tidak memiliki sertifikat atas produknya,” kata Bob Hasan, yang juga ketua Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandari) saat Sarasehan untuk Meningkatkan Kapasitas UMKM Masyarakat Desa, di Alun-alun Kabupaten Boyolali, Minggu (22/5).

Dijelaskan, sertifikasi produk ini tidak hanya untuk UMKM di perkotaan namun juga diwilayah pedesaan. Selain sertifikasi, lanjut Bob Hasan, permodalan juga menjadi hal penting bagi UMKM untuk berkembang. Untuk permodalan, Bob Hasan, meminta Pemkab lebih mengoptimalkan peran Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Keberadaan BPR ini untuk menghindarkan pelaku usaha dari rentenir.

“Tapi BPR jangan hanya bergerak di wilayah kota dan kecamatan, namun juga harus menyasar ke desa,” tambahnya.

Bupati Boyolali, Seno Samodro, menyambut positif program dari Yayasan Damandiri di Boyolali. Dia berharap akan muncul pengusaha-pengusaha UMKM baru di Boyolali sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di pedesaan.

“Kita akan mendukung pengembangan UMKM,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge