0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

15 Siswa SMP Muh 1 Diwisuda Hafidz Al-Qur’an

Wisuda Hafidz Al-Qur’an (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Sebanyak 15 siswa SMP Muhammadiyah 1 Solo hafidz Al-Qur’an diwisuda oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, KH Drs Subari dalam acara Pengajian Menyambut Bulan Ramadhan 2016, di halaman sekolah setempat.

“Bagi siswa yang telah diwisuda hafidz Al-Qur’an agar dapat mengembangkan,” ujar Subari.

Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Solo, Sukidi mengatakan, kegiatan menghafal Al Qur’an merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler di SMP Muhammadiyah 1 Solo. Karena itu, di sekolah ini memfasilitasi para siswa yang menginginkan menghafal Al Qur’an. Termasuk sekaligus melanjutkan siswa-siswa yang pada waktu SD memiliki perhatian terhadap hafalan Al-Qur’an.

“Target kami setahun sekali menghasilkan 15 hingga 20 siswa hafidz Al Qur’an. Minimal mereka hafal tiga juz,” jelas Sukidi.

Pada kesempatan itu, Koordinator Guru Penghafal Al Qur’an, Muhammad Natsir mengatakan, kegiatan hafidz Al-Qur’an sengaja diselenggarakan untuk mereka yang ingin melanjutkan kegiatan menghafal Al-Qur’an yang telah ditekuni sejak sekolah SD.

Selain itu, untuk menumbuhkan, memelihara dan mengembangkan. Menumbuhkan dalam arti, bagi yang belum bisa, kata Natsir, ditumbuhkan semangat hafidz. Memelihara, yaitu memelihara mereka yang sudah hafal, dipelihara jangan sampai lupa. Sedang mengembangkan, artinya mereka yang sudah bisa 1 juz misalnya, maka dikembangkan menjadi dua atau tiga juz, dan selanjutnya.

“Dibutuhkan sekitar satu bulan satu juz,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge