0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Andry Salim: Referal Marketing adalah Solusi Pemasaran Online Biaya Murah

timlo.net
Andry Salim (timlo.net)

SoloPakar internet marketing, Andry Salim membeberkan rahasia suksesnya membangun bisnis online dalam acara Enterpreneur Gathering 2016 yang diselenggarakan di Sunan Hotel, Minggu (22/5). Dalam membangun online marketplacenya, OnStore, ia menerapkan sistem referal.

“Sekarang tren pemasaran internet sudah bergeser ke sana,” kata Andry.

Menurutnya, sistem referal memiliki resiko lebih rendah dibanding metode bisnis online konvensional yang selama ini banyak dilakukan pebisnis online. Pasalnya, sistem referal mengandalkan banyaknya penjual. Dengan demikian, diharapkan volume penjualan produk meningkat tanpa harus banyak mengeluarkan biaya promosi.

“Daripada keluar biaya miliaran untuk iklan di tv dan media, lebih baik uang sebesar itu kita bagikan kepada associate (red: penjual) kita. Jadi sama-sama menikmati,” tambah pria yang juga mengampu online marketplace OnStore itu.

Untuk memulai bisnis dengan sistem referal, ia menerangkan, memang diperlukan tim inti yang solid. Tim inilah yang nantinya bakal merekrut associate marketing yang akan memasarkan produk kepada orang-orang terdekatnya.

“Kalau tidak punya, kita bisa kerjasama dengan komunitas yang sudah ada. Jadi sebenarnya tidak terlalu sulit,” kata dia.

Potensi penjualan melalui sistem ini dinilai cukup tinggi. Pasalnya, kebanyakan orang membeli barang berdasarkan referensi atau rekomendasi dari teman atau keluarganya.

“Menurut survei internasional, 70 persen orang membeli atas dasar referensi dari orang dekat. Selama ini, orang mereferensikan barang kepada temannya tapi tidak dapat apa-apa. Dengan sistem referal ini, setiap orang yang mereferensikan barang kita, kita kasih komisi. Itu saja sebenarnya,” terangnya.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge