0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyuwangi Kembangkan Desa Wisata Taman Sari

http://www.banyuwangibagus.com
Taman Sari, Banyuwangi (http://www.banyuwangibagus.com)

Timlo.net – Banyuwangi punya destinasi wisata baru, Desa Wisata Taman Sari di Kecamatan Licin, kabupaten Banyuwangi. Desa ini berada di kawasan Gunung Ijen.

“Harapan kami bisa meningkatkan nilai jual serta terintegrasi dengan Touris Information Center (TIC),” papar Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko, kemarin.

Selama ini, tren kunjungan wisatawan ke Gunung Ijen terus naik. Saat libur panjang 4-8 Mei 2016, kawasan
yang terkenal dengan api blue fire-nya itu diserbu 4.000 wisatawan per hari.

“Potensinya sangat besar. Itu sebabnya kelompok masyarakat di kampung wisata yang berada di sekitar areal lereng Gunung Ijen perlu dilatih untuk menjual potensi desanya,” urai Yusuf.

Setelah desa wisata diluncurkan, beberapa desa wisata yang bergerak di sekitar kawasan kaki Gunung Ijen, seperti yang dikenal Kampung Penambang, Kampung Bunga dan Kampung Susu di integrasikan dalam satu
ruang yang bernama Kampung Wisata Taman Sari.

Wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Ijen bisa melihat etalase kecil tentang potensi Banyuwangi di pondok Desa Wisata Taman Sari yang bernuansa khas Suku Osing tersebut.

Di kawasan rest area Gunung Ijen itu, wisatawan juga bisa mencicipi ragam kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas Banyuwangi. Kawasan itu juga dilengkapi ruang informasi pariwisata yang disebut Tourist Information Center (TIC).

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge