0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,6 Persen

foto: Setyo
Bandoe Widiarto (foto: Setyo)

Solo – Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun ini meningkat jika dibanding periode sebelumnya. Alasannya adalah karena kondisi ekonomi dan serapan belanja dari pemerintahan yang cenderung meningkat.

“Proyeksi pertumbuhan ekonomi Soloraya pada tahun ini sekitar 5,2 hingga 5,6 persen. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 4,8 persen,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Sabtu (21/5).

Dirinya optimis, proyeksi tersebut dapat terealisasi jika kondisi ekonomi bisa terus stabil seperti sekarang. Bahkan pada triwulan pertama ini jumlah outflow terus meningkat karena banyaknya anggaran dari pemerintah yang terserap.

“Jumlah outflow pada triwulan pertama ini jauh lebih besar jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah banyak pencairan anggaran dari pemerintah, yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan pendanaan desa,” jelasnya.

Sedangkan dari sisi penyaluran kredit perbankan, Bandoe menyampaikan, kondisi di Soloraya berhasil tumbuh sekitar 17 persen atau lebih tinggi jika dibandingkan nasional yang hanya 8 persen. Sementara dari sisi kredit macet atau non performing loan (NPL) pada triwulan pertama ini masih dibawah 3 persen.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge