0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Zendy Prasetya Ungkap Big Strong ‘W’

foto: Rony
Zendy Prasetyo (foto: Rony)

Solo – Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Ada banyak hal yang dilakukan oleh para pebisnis supaya mereka unggul dalam persaingan bisnis.

Misalnya mereka menawarkan produk dengan harga murah, atau menawarkan produk dengan pemberian diskon. Tapi bagaimana cara kita menentukan strategi bisnis yang tepat dalam menghadapi persaingan bisnis?

Zendy Prasetyo, branding director, dalam acara Entrepreneur Gathering 2016 yang digelar Sabtu (21/5) di The Sunan Hotel berkata jika ada dua pertanyaan yang harus dijawab untuk menentukan strategi bisnis kita.

“Ada dua, big strong W yang harus dijawab yaitu why dan what,” ungkapnya.

Why atau mengapa berisi pertanyaan kenapa orang harus memakai barang atau jasa kita dibandingkan produk atau barang pesaing kita?

Zendy mencontohkan tentang produk Apple seperti iPhone dan Mac.

“Banyak teman saya yang bekerja di bidang teknologi yang memakai iPhone dan Mac book. Saat ditanya alasannya, jawaban supaya keren, padahal dari segi spesifikasi mungkin kalah dibandingkan dengan produk yang lain,” terangnya.

What, atau apa berisi pertanyaan tentang apa yang diinginkan masyarakat terkait produk atau jasa kita?
Samsung, contoh Zendy, berusaha menjawab keinginan dan kebutuhan masyarakat terkait produk teknologi. Oleh karena itu Samsung membuat berbagai macam produk elektronik dan teknologi di berbagai segmen.

Langkah berbeda diambil dari Apple. Sejak berdiri filosofi Apple bukanlah menjawab keinginan atau kebutuhan masyarakat, tapi menciptakan tren tersendiri.

“Oleh karena itu mereka tidak pernah membuat produk smartphone lain selain iPhone. Dan semua iPhone modelnya hampir sama. Apple berusaha keras menjaga brand mereka yang diperuntukkan bagi kelas menengah ke atas jadi mereka tidak mau masuk ke segmen lain,” terang Zendy.

Langkah dua perusahaan raksasa itu tidak salah. Keduanya tetap berhasil sekalipun memakai cara berbeda. Strategi mereka berbeda karena jawaban mereka terhadap dua pertanyaan di atas berbeda.

Selain menjawab dua pertanyaan itu, Zendy memberikan sebuah pesan terhadap para internet marketing yaitu, “Kalau tidak bisa jadi yang pertama, jadilah yang terbaik. Kalau tidak bisa jadi yang terbaik, jadilah yang berbeda,” ungkap dia.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge