0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Mobil Jalani Uji Emisi

Pos uji emisi di Jalan Slamet Riyadi. Ratusan mobil menjalani uji emisi gas buang untuk mengetahui kualitas gas yang dikeluarkan knalpot (foto: Rosyid)

Solo – ­ Ratusan mobil menjalani uji emisi di Jalan Samet Riyadi, tepatnya di Barat bundaran Gladag, Sabtu (21/5). Kegiatan tersebut diharpakan dapat menekan tingkat yang berasal dari kendaraan bermotor di Solo.

“Kegiatan ini kami adakan berkala. Untuk tahun ini, baru dua kali. Rencananya kita adakan enam kali di tahun 2016 ini,” kata Kabid Teknis Sarana dan Prasarana, Dishubkominfo, Arif Handoko.

Pemeriksaan menyasar kendaraan beroda empat khususnya mobil­mobil baru. Dua pos pemeriksaan disediakan berdekatan di depan BCA Gladag. Proses pemeriksaan berlangsung cepat. Kurang dari lima menit per mobil.

Petugas meletakkan sensor pembaca gas emisi di depan knalpot mobil. Tak lama kemudian angka hasil pembacaan langsung muncul di display yang berada di dekat jendela pengemudi.

Dengan demikian, pemilik atau pengemudi mobil bisa langsung mengetahui kualitas gas buangan mobilnya.

“Untuk mobil yang gas buangnya di atas ambang batas, kita sarankan untuk ke bengkel supaya lebih ramah lingkungan,” kata dia.

Salah satu pengemudi, Eko Suprapto menyambut positif adanya uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Ia pun mendorong agar kegiatan itu diperluas agar mencakup kendaraan umum.

“Bagus sekali ada kegiatan seperti ini. Akan lebih bagus lagi kalau kendaraan umum juga diuji.
Karena justru yang asapnya pekat kan bus­bus besar. Kalau mobil­mobil baru jelas saja hasilnya masih bagus,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge