0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seni Reog Singo Manggolo Mudho Terus Mengukir Prestasi

Kesenian reog Singo Manggolo Mudho SMKN 2 Wonogiri (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Soal kiprahnya di pentas seni reog, tim reog asal Wonogiri ini sudah tidak diragukan lagi. Ya, tim kesenian reog Singo Manggolo Mudho SMKN 2 Wonogiri beberapa kali menjadi juara nasional.

Adegan demi adegan menggambarkan kisah kegigihan dan semangat juang tinggi, bertanding melawan musuh yakni Prabu Dadak Merak. Dibantu dengan beberapa prajurit berkuda dengan sebutan Jathil dan patih bertopeng Bujang Ganong. Selain itu ada pasukan berkostum hitam yang disebut Warok.

Setiap adegan menggambarkan peperangan, prajurit dan Warok menggunakan teknik, trik dan kekuatan. Dimana Prabu Dadak Merak bentrok dengan Prabu Klono Sewandono yang memiliki pecut sakti berjuluk Samandiman. Dalam perang hebat itu, akhirnya Prabu Dadak Merak kalah dan menjadi barisan Risang Klono Sewandono.

“Pertunjukan seni reog Singo Manggolo Mudho, dengan penggarapan dan kemasan spektakuler berbeda dengan reyogan khas Ponorogo. Baik instrumen, musiknya, dan olah tarinya betul- betul digarap dengan penuh atraktif,” tutur Kepala Sekolah SMKN 2 Wonogiri, Riyanto, Sabtu (21/5).

foto: Tarmuji

foto: Tarmuji

Tim Reog Singo Manggolo Mudho terbukti mampu membuktikan eksistensi dan prestasinya baik tingkat lokal, propinsi dan nasional. Pada tahun 2013 tim ini menyabet juara pertama piala presiden Grebeg Suro Nasional ke XX di Kabupaten Ponorogo Jatim, sekaligus juara pertama Grebeg Suro Festival Reog Nasional.

Setahun kemudian di ajang yang sama yakni Grebeg Suro Festival Reog Nasional ke XXI 2014 Kabupaten Ponorogo, tim ini membawa pulang juara kedua.

Kemudian di tahun 2015, tim ini mengukuhkan dirinya sebagai juara ketiga, di ajang Grebeg Suro Festival Reog Nasional ke XXII di Ponorogo. Selanjutnya, dalam even di Surakarta, grup ini keluar sebagai juara III grup penampil unggulan terbaik Semarak Singo Barong Nasional III dan juara III kategori remaja pembarong unggulan terbaik Semarak Singo Barong Nasional ke III di Surakarta.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge