0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelanggar Batas Emisi Bakal Ditindak

timlo.net - dhefi
Petugas sedang menguji emisi kendaraan pribadi (timlo.net - dhefi)

Solo – ­ Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) akan menggandeng Satuan Polisi Lalu Lintas untuk menindak kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi. Hal itu dilakukan lantaran Dishubkominfo tidak berwenang menindak pelanggar batas emisi gas buang.

“Sementara ini kita hanya mengimbau agar kendaraan yang melanggar batas emisi dibawa ke bengkel. Ke depan kita akan operasi gabungan dengan satlantas karena yang berhak menindak dari sana (Satlantas),” kata Bidang Teknis Sarana dan Prasarana Dishubkominfo Solo, Arif Handoko, Sabtu (21/5).

Selama ini, kelaikan kendaraan bermotor memang hanya ditinjau dari aspek yang kasat mata. Sedangkan kualitas mesin dan gas buang tidak pernah mendapat perhatian serius.

“Yang punya alat uji emisi kan dari Dishubkominfo. Kalau ada operasi gabungan, nanti yang melanggar bisa langsung ditindak,” ujarnya.

Sampai saat ini, Dishubkominfo telah melaksanakan dua kali uji emisi di Solo. Keduanya dilakukan di Jl Slamet Riyadi. Pada uji emisi pertama 19 Maret lalu, ditemukan 27 dari 285 mobil yang tidak memenuhi standar emisi. Sementara yang kedua diselenggarakan pagi tadi ditemukan 41 dari 300 mobil melanggar ambang batas emisi.

“Harapannya, dengan adanya uji emisi ini masyarakat lebih peduli tentang polusi udara yang ditimbulkan kendaraannya,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge