0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Gagalkan Transaksi Gading Gajah Senilai Rp 1 M

merdeka.com
Gading gajah senilai Rp 1 miliar (merdeka.com)

Timlo.net — Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau berhasil menggagalkan transaksi jual beli gading gajah berukuran cukup besar yang diperkirakan senilai Rp 1 Miliar. Petugas menyita dua gading gajah seberat 46 Kilogram dari tangan seorang kepala desa inisial Ni (43) dan 4 orang temannya.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo Sik Jumat (20/5) mengatakan, penangkapan dilakukan petugas pada Jumat sore. Menurut pengakuan pelaku, gading gajah ini jika dijual harga perkilogramnya dijual sekitar Rp 20 juta.

“Ada lima pelaku penjualan gading gajah itu, yakni Sy (61), MA (46), Yu (41), Wa (44) dan Ni (43). Mereka kini masih diperiksa intensif oleh penyidik,” kata Guntur.

Dikatakan Guntur, pengungkapan kasus ini bermula dari informasi masyarakat yang menyebutkan akan adanya transaksi gading gajah dari luar Provinsi di kota Pekanbaru.

“Mendapat informasi tersebut, petugas lalu melakukan penyelidikan dan pengintaian selama dua hari lamanya,” kata Guntur.

Penyelidikan polisi pun berbuah manis, petugas berhasil mendapatkan jejak para pelaku yang mayoritas berasal dari luar kota dan beberapa di antaranya dari luar Provinsi tersebut. Saat itu, mereka sedang bermufakat untuk transaksi jual beli gading gajah tersebut.

“Setelah shalat Jumat, mereka akan melakukan transaksi di sebuah restoran. Petugas langsung bergegas ke lokasi dan menangkap ke lima pelaku yang sedang menunggu pembeli gading gajah itu,” ucap Guntur.

Polisi belum menetapkan tersangka terkait penggagalan transaksi penjualan gading gajah tersebut. Sebab, kelima pelaku masih diperiksa untuk pengembangan penyelidikan.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge