0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Telat Perpanjangan SIM, Harus Bikin Baru

timlo.net/nanin
SIM (timlo.net/nanin)

Solo — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo bakal memberikan tenggat waktu satu bulan kepada warga untuk segera mengurus perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang akan habis masa berlakunya. Hal ini dilakukan menyusul adanya aturan baru yang dikeluarkan Polri.

“Aturan ini akan dilakukan pada bulan Juni mendatang. Dalam operasi Patuh Candi 2015 ini akan kita laksanakan sosialisasi aturan ini,” ungkap Kasatlantas Polresta Solo, AKP Prayudha Widiatmoko, Jumat (20/5).

Dia mengatakan kebijakan tersebut terbilang baru dan meski sudah diinformasikan kepada masyarakat sejak April lalu namun masih banyak masyarakat yang belum paham adanya aturan baru tersebut. Terbukti dari belum adanya penambahan berarti pengajuan perpanjangan SIM. Dimana masyarakat masih cenderung mengajukan perpanjagan setelah masa berlaku SIM-nya habis.

“Dengan aturan baru ini, permohonan perpanjangan SIM bisa dilakukan maksimal dua minggu sebelum masa berlaku habis. Sebab, jika terjadi keterlambatan satu hari saja, maka akan dilakukan pembuatan SIM baru,” paparnya.

Aturan baru ini dimuat dalam Surat Telegram Nomor ST/985/IV/2016 kepada seluruh kapolda pada 20 April 2016, yang menyebutkan SIM yang terlambat diperpanjang harus dibuat baru, meski keterlambatannya hanya sehari.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge