0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Plat Nomor Modifikasi dan Knalpot Blombongan Jadi Incaran

timlo.net/agung widodo
Operasi kendaraan Satlantas Polres Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Operasi Patuh Candi 2016 yang digelar di berbagai lokasi wilayah hukum Polres Sragen telah banyak menindak sejumlah pelanggaran lalu lintas. Mulai dari perlengkapan kendaraan, STNK dan SIM serta pelanggaran rambu lalu lintas.

“Yang ditindak oleh satuan lalu lintas adalah pelanggaran kasat mata diantaranya para pengguna jalan yang saat diperiksa tidak menggunakan helm pengaman,terlebih setelah di cek oleh petugas pengguna jalan tersebut tidak bisa menunjukan SIM dan STNK,” jelas Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Saptiwi, Jumat (20/5).

Dijelaskan Saptiwi, sampai hari keempat, Kamis (19/5), Satlantas Polres Sragen telah menindak sejumlah pelanggaran, yaitu 188 pelanggar dari berbagai jenis. Sedangkan sebanyak 210 pelanggar ringan hanya mendapat teguran. Pelanggaran itu terjadi saat petugas menggelar operasi di Jalan Raya Sukowati Sragen, tepatnya di simpang empat alun alun dan Jalan Veteran.

Operasi yang melibatkan anggota Satlantas, Sabhara dan Provos ini juga menyasar pengendara yang memesang plat nomor kendaraan tidak sesuai aturan dan diproduksi oleh Samsat. Karena banyak pemilik kendaraan yang membuat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan beraneka ragam sesuai dengan selera pemiliknya.

“Cara penulisan tersebut tidak dibenarkan oleh undang-undang, karena akan mempersulit identifikasi kendaran saat terjadi situasi darurat di jalan raya,” jelas Saptiwi.

Dia menambahkan, Satlantas juga bakal menindak tegas para pemakai kendaraan yang mengganggu pengendara lain atau masyarakat, yaitu dengan memasang knalpot blombongan agar bersuara keras. Biasanya ini dilakukan oleh para remaja dan pelajar agar terlihat lebih keren.

“Itu menjadi salah satu target Satlantas. Terlebih lagi sebentar lagi masuk bulan Ramadan. Jangan sampai hal itu mengganggu ibadah umat muslim,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge