0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seluruh Perangkat Desa Harus Dites Urin

ilustrasi tes urine (dok.merdeka.com)

Klaten — Tertangkapnya Kepala dusun (Kadus) I Desa Barukan, Kecamatan Manisrenggo, Heri Subiyanto (41) lantaran tersandung kasus narkoba merupakan tamparan keras bagi perangkat desa. Pasalnya, sebelumnya kasus serupa juga menimpa oknum kepala desa (kades) di Kecamatan Cawas.

“Kasus ini bukan yang pertama kali. Tentu menjadi keprihatinan bersama untuk meningkatkan pengawasan terhadap perangkat desa,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Setda Klaten Hari Budiono, Jumat (20/5).

Ditanya soal upaya konkrit dalam pengawasan, pihaknya akan merekomendasikan tes urin kepada perangkat desa. Pasalnya, selama ini tes urin baru menyasar level pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Sekarang baru sampai di tingkatan eselon II dan III. Mungkin ke depan bisa sampai ke perangkat desa. Akan lebih efektif jika pelaksanaan mendadak, tidak ada pemberitahuan sebelumnya untuk mengantisipasi manipulasi sampel urin,” ungkap Hari.

Keprihatinan serupa juga dikatakan Camat Manisrenggo, Purnomo Hadi. Sebagai perangkat desa, menurut dia, Kadus Heri mustinya menjadi teladan bagi masyarakat, baik tutur kata dan perilaku. Ia sepakat jika ke depan dilakukan tes urin untuk seluruh perangkat desa.

“Tentunya dengan kejadian ini kami merasa kecolongan dan prihatin karena ada tokoh masyarakat yang terlibat dengan narkoba,” ucap dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge