0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemberian Gelar Pahlawan kepada Soeharto dan Gus Dur Tidak Mudah

Wakil Presiden Jusuf Kalla (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Tak mudah bagi mantan presiden Soeharto dan mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendapat gelar pahlawan nasional. Banyak kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadikan keduanya sebagai pahlawan nasional.

“Ya memang ya Pak Harto tentu banyak memberikan banyak hal walaupun juga tentu waktu turunnya ada sedikit masalah sama dengan Gus Dur,” kata Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (20/5).

Seorang yang mendapatkan gelar pahlawan nasional harus memenuhi kriteria dan memiliki penilaian. Namun dia tidak menjelaskan detail soal penilaian dan kriteria yang dimaksud. Hanya saja, kata dia, jika sudah memenuhi semua persyaratan, tim pemberian gelar pahlawan nasional bisa memberikan gelar pada Soeharto dan Gus Dur.

“Jadi yang penting sesuai kriterianya atau tidak. Saya tidak tahu detailnya macam mana, tapi ada kriteria tertentu yang dipegang oleh panitia itu, tim nya itu,” kata dia.

Sebelumnya, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden RI ke-2, Soeharto layak diberi gelar Pahlawan Nasional. Luhut menilai Soeharto telah memiliki kriteria untuk menjadi Pahlawan Nasional karena jasanya melakukan pembangunan yang masif di tanah air sehingga mentransformasi Indonesia menjadi sebuah negara yang modern.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge