0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setelah Soeharto, Gus Dur Juga Diusulkan Jadi Pahlawan

merdeka.com
Gus Dur (merdeka.com)

Timlo.net – Wacana penganugerahan pahlawan kepada mantan presiden Soeharto masih menuai pro-kontra. Seperti halnya Soeharto, wacana pemberian gelar pahlawan kepada mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ikut mencuat.

“Kita sudah bolak-balik mengajukan tapi ada syarat yang harus diverifikasi, padahal Bu Mensos (Khofifah Indar Parawansa) anak buah Gus Dur,” kata Anggota Komisi III DPR, Jazilul Fawaid, Jumat (20/5).

Wasekjen PKB ini menuturkan, pihaknya mengajukan Gus Dur bukan semata-mata karena kepentingan kelompok. Sebab Gus Dur merupakan bapak demokrasi Indonesia yang sudah menjadi panutan. Dia kembali menceritakan ketika Gus Dur lengser karena dizalimi.

“Penting, peristiwa peralihan Gus Gur ke Megawati, Gus Dur dihukum secara dzalim, diadili secara dzalim, ini ganjaran yang diberikan waktu itu untung tidak ada kerusuhan besar, kalau jadi Indonesia tak seperti ini. Gus Dur keluar pakai celana pendek kalau pendukungnya diperintahkan untuk membelot negara, kebesaran hati, kenapa sih harus pelit-pelit banget kepada warganya yang punya jasa,” ungkapnya.

Menurutnya, jika Golkar ingin mengajukan Soeharto, maka harus diusulkan ke tim verifikasi pemerintah. Harus dikaji terlebih dulu seberapa layak menyandang gelar pahlawan.

“Soeharto itu dianggap berjasa atau tidak? Itu kan pro-kontra sebagian masih menganggap masalah amalnya lebih besar dari apanya, kalau sesuai aturan tidak masalah,” tuturnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge