0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa UNS Ciptakan Robot Pemadam Api

dok.timlo.net/tyo eka
Robot pemadam api karya mahasiswa UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Empat mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menciptakan Robot Pemadam Api. Keempat mahasiswa tersebut terdiri dari Reza Aditya sebagai ketua, Bangun Wahyu Sasongko, Rio Riantana dan Trio Pambudi Utomo sebagai anggota.

“Tim kami beri nama Tim Robotika FMIPA UNS,” ungkap Reza kepada wartawan, di ruang Humas UNS, Solo, Jumat (20/5).

Hasil karya Tim Robotika dari FMIPA UNS, menurut Reza, berhasil maju di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Regional 3 yaitu Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kalimantan pada pertengahan bulan April 2016 lalu.

Untuk bisa tembus di ajang KRI regional 3, kata Reza, Tim Robotika FMIPA UNS harus mengikuti seleksi beberapa tahap. Tahap pertama, menyampaikan proposal, tahap kedua dengan mengirimkan video dan laporan perkembangan robot. Akhirnya lolos untuk mengikuti tahap ketiga.

“Perlombaan KRI Regional 3 untuk tahap ketiga ini digelar di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang,” jelasnya.

Pada KRI Regional 3 tahun 2016 ini, kata Reza, Tim Robotika FMIPA UNS mengikuti kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) yang beroda. Pada kategori KRPAI beroda ini, perlombaan diikuti oleh 26 tim dari perguruan tinggi se Regional 3.

“Tim Robotika dari FMIPA UNS mendapatkan peringkat ke delapan,” ungkapnya.

Menurut Reza, robot yang dirancang oleh Tim Robotika FMIPA UNS bisa berfungsi untuk mencari api secara otomatis. Ke depan, sedang dikembangkan agar  tidak hanya bisa mencari titik api, tetapi juga bisa memadamkannya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge