0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Relokasi PKL Colomadu Masih Tunggu Bantuan Gerobak

dok.timlo.net/nanang rahadian
PKL Colomadu, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Rencana Pemkab Karanganyar merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Adi Sucipto, di kawasan Colomadu, kemungkinan belum terlaksana dalam waktu dekat. Pasalnya, bantuan gerobak dan tenda bagi PKL yang akan dipindahkan ke Jalan Sumur Bor, di area perumahan Pabrik Gula (PG) Colomadu, belum merata.

“Waktunya kapan, belum tahu. Menunggu bantuan gerobak dan tenda merata untuk seluruh PKL,” kata Camat Colomadu Yopi Eko Jati Wibowo, Rabu (18/5).

Saat ini, kata Yopi, baru 40-an gerobak dan 10 tenda yang sudah turun. Padahal jumlah PKL mencapai lebih dari seratus pedagang. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk kekurangan pengadaan tenda maupun gerobak.

Meski belum bisa terealisasi, namun pihak kecamatan menggagas digelarnya bazar Ramadan selama bulan Puasa nanti, di area yang akan dijadikan tempat merelokasi PKL.

“Saat Ramadan nanti, akan dibuat bazar kuliner di Jalan Sumur Bor. Pekan depan akan kami bahas, untuk teknis pelaksanaan. Pengelolaan bazar ini nanti oleh pihak desa,” tuturnya.

Bazar kuliner tersebut, diharapkan menjadi embrio dari relokasi PKL di sepanjang Jalan Adi Sucipto ke Jalan Sumur Bor. “Mudah-mudahan, dari bazar ini, nanti bisa diikuti relokasi yang sebenarnya,” ujarnya.

Relokasi PKL tersebut mendesak dilakukan, untuk keperluan penertiban di kawasan jalan protokol di kawasan Colomadu. PKL yang  berjualan di Jalan Adi Sucipto beragam, mulai dari pedagang kuliner, aksesoris, hingga barang lainnya.

Mereka berdagang sejak siang, hingga sore dan malam hari. Bahkan ada yang jualan sejak pagi sampai malam. Pedagang menggelar dagangannya di atas trotoar. Imbasnya, pejalan kaki kehilangan haknya dan terpaksa berjalan di bahu jalan.

Rencananya, jika Jalan Sumur Bor digunakan untuk merelokasi PKL, maka ruas jalan tersebut akan ditutup dari akses umum selama dipakai berjualan. Hanya kendaraan yang akan membeli dari PKL saja, yang boleh melintas.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge