0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Terjadi Penyimpangan IMB, Pemkot Diminta Tegas

Teguh Prakosa, Ketua DPRD Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diminta tegas dalam menegakkan aturan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota Solo. Pasalnya, banyak terjadi penyalahgunaan ijin tempat tinggal yang kini berubah menjadi tempat usaha.

“Pemkot harus tegas, tak cuma di atas kertas tapi juga mengecek langsung ke lapangan,” terang Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa, Jumat (20/5).

Selama ini, kata Teguh, banyak warga yang melakukan pengurusan IMB sebagai tempat tinggal. Namun, seiring berjalannya waktu tempat tinggal tersebut digunakan sebagai lokasi usaha, seperti cafe, rumah makan dan masih banyak lainnya. Seharusnya, saat membuka tempat usaha, harus melakukan perijinan ulang mengingat dampak yang dihasilkan dengan dibukanya tempat usaha tersebut.

“Kalau dibuka menjadi tempat usaha, nantinya kan berpengaruh pada tempat parkir, amdal lalin, lokasi yang bertambah ramai. Pastinya membawa dampak yang lain,” tegas Teguh.

Seharusnya, lanjut Teguh, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Solo berkoordinasi dengan dinas terkait. Sehingga, mereka memiliki data penyimpangan yang dilakukan terkait IMB awal yang digunakan.

“Kalau sudah mendapatkan data penyimpangan, baru Satpol bergerak sesuai prosedur. Tunjukkan ketegasan mereka menegakkan aturan di Kota Solo,” kata Teguh.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge