0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Kopi Memiliki Efek Berbeda Untuk Setiap Orang?

dok.merdeka.com
Kopi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Para peneliti telah menemukan alasan kenapa kopi memiliki efek berbeda untuk setiap orang. Jadi jika Anda penasaran kenapa satu gelas kopi espresso membuat teman Anda tidak bisa tidur semalaman. Sementara teman yang lain minum empat gelas cappuccino sebelum tidur tapi tetap bisa tidur dengan nyenyak. Maka peneliti menemukan jawabannya sekarang.

Para ahli dari the Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC) berkata jika hal ini dikarenakan kafein. Satu gelas kopi rata-rata memiliki 75-100 mg kafein, tapi masing-masing orang bereaksi secara berbeda. Ada tiga komponen utama yang mempengaruhi perbedaan reaksi itu yaitu genetik, usia dan kebiasaan.

“Keberagaman genetik bisa mempengaruhi bagaimana para individu mencerna kafein, begitu pula usia, orang-orang yang lebih muda kurang sensitif terhadap zat ini dibandingkan mereka yang lebih tua,” kata seorang juru bicara ISIC.

“Orang yang sering minum kopi mungkin kurang sensitif terhadap efek kafein dan jika seseorang minum kopi lebih banyak dari biasanya, pola tidur mereka terganggu atau mereka mengalami hiperaktivitas. Efek-efek ini biasanya singkat begitu orang kembali ke pola konsumsi mereka yang biasanya,” terang peneliti.

ISIC adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 1990 dan mendedikasikan kegiatannya untuk meneliti dan merilis penelitian terkait kopi dan kesehatan.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge