0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ada 20 Peserta UN SMP Solo Dinyatakan Mundur

dok.timlo.net/tyo eka
Sekretaris Dikpora Solo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo menyatakan, ada 20 peserta Ujian Nasional (UN) 2016 jenjang SMP di Kota Solo mengundurkan diri. Selain tidak mengikuti ujian utama yang berlangsung mulai Senin (6/5) hingga Kamis (12/5), mereka menyatakan mengundurkan diri, juga pelaksanaan UN Susulan untuk jenjang SMP yang digelar Senin (16/5) – Kamis (19/5).

“Pengunduran diri mereka dinyatakan melalui surat penyataan resmi dari siswa bersangkutan atau orang tuanya,” jelas Ketua Panitia UN 2016 Kota Solo, Aryo Widyandoko, Kamis (19/5).

Terkait kelulusan siswa yang tidak ikut UN, merupakan kewenangan sekolah memutuskan melalui rapat Dewan Guru. Siswa yang tidak ikut UN tersebut dimungkinkan bisa lulus jika memang Dewan Guru memutuskan untuk meluluskan siswa tersebut. Namun hal itu dengan mempertimbangkan sejumlah faktor sesuai ketentuan pemerintah.

“Namun kalaupun lulus, siswa tersebut hanya mendapatkan STTB (surat tanda tamat belajar) namun tidak mendapatkan SKHUN (surat keterangan hasil ujian nasional) yang digunakan untuk mendaftarkan diri ke jenjang yang lebih tinggi, yakni SMA atau SMK,” jelas Aryo yang juga Sekretaris Dinas Dikpora Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge