0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tegakkan Aturan, Satpol PP Diminta Lebih Tegas

Pabrik plastik PT Sumber Anugerah Platindo di kawasan Banyuanyar, Banjarsari, Solo disegel Satpol PP (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menegakkan Perda Kota Solo yang telah dibuat dinilai kalangan legislatif masih lemah. Padahal, dalam aturan Perda telah tertuang SOP untuk ditindaklanjuti jika terjadi penyimpangan.

“Kalau tidak sesuai, bisa ditindak sesuai prosedur sejumlah pabrik atau bangunan yang melanggar Perda Kota Solo,” tandas Ketua Komisi II DPRD Kota Solo, YF Soekasno, Kamis (19/8).

Diungkapkan, seharusnya Satpol PP berkoordinasi dengan dinas lain melakukan pengawasan. Jangan sampai, setelah masyarakat bersikap atau mengadakan demo baru pihak Satpol bertindak melakukan penyegelan. Disisi lain, juga banyak terdapat alih fungsi bangunan dari yang awalnya rumah menjadi toko atau cafe.

“Kalau ada koordinasi dengan dinas lain, pastinya mereka tahu kalau ada yang menyalahi. Jangan setelah masyarakat bereaksi, mereka baru berkoordinasi dan melakukan penyegelan,” tandas Sukasno.

Sekretaris Komisi II DPRD Solo, Supriyonto berpendapat, agar Satpol PP lebih tegas dan berpedoman terhadap Perda yang telah disahkan. Jika Satpol terkesan lembek, maka pihaknya khawatir makin banyak pelaku yang menyalahkan perijinan.

“Banyak sekali kasusnya, bangunan rumah alih fungsi jadi usaha, gudang jadi pabrik, sanitasi yang ditutup. Mana ketegasan dari Satpol,” tanya Supriyanto.

Sebelumnya diberitakan, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo bersama Satpol PP Kota Solo melakukan penyegelan pabrik plastik di kawasan Banyuanyar, Banjarsari, Solo. Dalam penyegelan yang dilakukan, nampak Satpol PP kurang tegas dalam mengatasi pabrik yang bermasalah di bidang perijinannya.

Parahnya lagi, Walikota juga ikut dalam penyegelan yang dilakukan. Artinya, masyarakat memandang bahwa Satpol kurang memiliki nyali dalam melakukan tugasnya menegakkan aturan yang telah ditetapkan di Kota Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge