0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Malam Harkitnas, Mahasiswa Nyalakan Lilin Kutuk Aksi Kekerasan Seksual

timlo.net/aditya wijaya
Aksi damai mahasiswa Stikes Duta Gama Klaten menentang aksi kekerasan seksual di depan Monumen Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Duta Gama Klaten menggelar aksi damai penyalaan 1000 lilin untuk Indonesia Hebat. Aksi yang berlangsung didepan Monumen Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) Klaten, Kamis (19/5) malam, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

“Aksi damai ini memperingati Harkitnas ke 108 yang jatuh esok hari 20 Mei, sekaligus membangkitkan nilai moral, dan solidaritas HAM. Sebab kita sebagai mahasiswa juga menentang kekerasan seksual,” kata Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Muhammad Nur Fatah Hariyanto, Kamis (19/5).

Dari pantauan Timlo.net, peserta aksi yang didominasi perempuan ini melingkari taman di depan monumen ATBM dengan temaram cahaya lilin. Satu per satu mereka membentangkan poster berisi penolakan terhadap aksi kekerasan seksual yang marak di Indonesia belakangan ini.

Tidak hanya itu, sekitar 40 mahasiswa ini juga menampilkan aksi teatrikal menggambarkan pemerkosaan terhadap anak dibawah umur. Tampak tiga perempuan berseragam OSIS, dan Pramuka diganggu lima laki-laki berwajah hitam layaknya raksasa yang berjubahkan jas hujan.

“Aku seorang cewek Mas. Aku mohon disahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Perempuan itu jangan disakiti, sudah susah melahirkan, malah dirusak,” timpal salah seorang peserta aksi, Noer Wulansari, menanggapi kasus pencabulan bocah SD di Kecamatan Jatinom.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge