0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudah Kantongi TPA Sementara, DPU : Sedang Penyiapan Lahan

Gunungan sampah Pasar Induk Kota Klaten yang kembali meluber menutup jalan (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU dan ESDM) Klaten mengklaim telah mengantongi lokasi Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah sementara. Kendati demikian, DPU enggan menyebutkannya lantaran tengah persiapan lahan.

“Sekarang sudah ada lokasinya (TPA sementara). Sudah ada tempat. Enggak usah diomongke, wes pokoke ada,” ucap Kepala DPU ESDM Klaten, Abdul Mursyid, Kamis (19/5).

Dari catatan Timlo.net, sejak 18 April 2016, masa kontrak TPA di Desa Joho, Kecamatan Prambanan sudah berakhir, DPU ESDM Klaten berencana menyewa TPA Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan selama setahun. Namun baru sepekan digunakan, warga sudah menolaknya. Lantas pindah ke TPA sementara di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, tapi kembali ditolak warga.

Berdasarkan hal itu, proses pencarian TPA sementara selalu terbentur dengan penolakan warga. Pasalnya, DPU dituding tidak melakukan sosialisasi kepada warga setempat. Akibatnya, sejak Minggu (8/5) atau sudah 12 hari Klaten tidak memiliki lokasi TPA sampah sementara.

“Sudah kita lakukan sosialisasi. Ini sedang penyiapan lahan,” tutur Mursyid saat ditemui disela-sela kegiatan di Markas Kodim Klaten.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Klaten, Hengki Asnari Salim, meminta Pemkab Klaten segera menyelesaikan pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Troketon, Kecamatan Pedan. Meski ditolak, sebaiknya DPU segera memberikan pengertian terhadap warga Troketon karena Klaten saat ini sedang darurat sampah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge