0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kendaraan Roda Dua Dominasi Pelanggaran

timlo.net/nanang rahadian
Operasi Patuh Candi 2016 (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kendaraan roda dua masih mendominasi jumlah kendaraan yang ditindak dalam Operasi Patuh Candi 2016. Bahkan sejumlah pedagang sayur bonjong ikut terkena razia, karena spesifikasi kendaraan yang sudah melebihi kententuan yang ada dalam undang-undang.

“Memasuki hari ke dua, Satlantas Polres Karanganyar telah menindak 420 kendaraan yang didominiasi kendaraan roda dua,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo, Kamis (19/5).

Dijelaskan, jenis pelanggaran kebanyakan tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM), tidak memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK) beban muatan berlebih serta melanggar rambu-rambu lalu lintas.

”Pelanggaran lainnya roda dua terutama pedagang sayur bronjong juga ditilang. Karena lebarnya melebihi stang kemudi,” imbuhnya.

Dijelaskannya, para pedagang sayur bronjong tersebut ditilang karena sudah melanggar Pasal 279 Junto 58 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas. Peneritiban tersebut merupakan bagian dari Operasi Patuh Candi 2016 yang sudah berjalan sejak Senin (16/5) hingga Minggu (29/5).

”Para pengendara yang ditilang dan harus menjalani sidang pengadilan dapat dihukum dengan denda yang maksimal,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge