0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelitian: Wanita yang Rajin Beribadah, Panjang Umur

Dok:Timlo.net/ Istemewa
Paduan Suara Shalom GKI Coyudan mengenakan pakaian daerah saat tampil dalam ibadah untuk merayakan hari Kartini di GKI Coyudan, Minggu (21/4). (Dok:Timlo.net/ Istemewa)

Timlo.net—Wanita yang beribadah secara teratur, lebih dari sekali seminggu cenderung hidup lebih lama. Menurut sebuah penelitian, mereka juga memiliki resiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dan kanker.

Wanita paruh baya dan yang lebih tua yang beribadah secara teratur memiliki resiko kematian karena penyakit kardiovaskular 27 persen lebih rendah dan resiko kematian 21 persen lebih rendah.

Tyler J VanderWeele dan rekannya dari Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, Amerika Serikat (AS) menguji tingkat kehadiran di tempat ibadah dan tingkat kematian pada wanita. Penelitiannya diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine, menganalisa kehadiran di tempat ibadan lewat kuesioner dari 1992 hingga 2012. Analisa data dilakukan mulai dari kuesioner tahun 1996 hingga 2012 untuk tindak lanjut selama 16 tahun.

Dari 74.534 wanita pada penelitian 1996, sebanyak 14.158 diantaranya datang ke tempat ibadah lebih dari sekali seminggu. Sebanyak 30.401 hadir sekali sekali seminggu. Sedangan 12.103 hadir kurang dari sekali seminggu dan 17.872 tidak pernah ke tempat ibadah.

Para wanita yang sering mengikuti kegiatan ibadah cenderung memiliki gejala-gejala depresif yang lebih sedikit dan kebanyakan memiliki status menikah. Resiko kematian wanita yang rajin beribadah 33 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah beribadah.

Sumber: Times of India

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge