0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Dicap Negara Paling Tak Ramah Terhadap Pengungsi

merdeka.com
ilustrasi pengungsi (merdeka.com)

Timlo.net – Warga Rusia, Indonesia, dan Thailand menjadi negara paling tidak ramah terhadap kedatangan pengungsi. Hal itu berdasarkan rilis Indeks Penerimaan Pengungsi yang dilakukan oleh Amnesty International dengan melakukan penelitian di 27 negara.

“Temuan ini menunjukkan seringkali bukan cuma warga, tapi kebijakan pemerintah memicu perlakuan tidak manusiawi terhadap para pengungsi,” kata Sekretaris Jenderal Amnesty International, Shalil Shetty, seperti dilansir France24, Kamis (19/5).

Ukuran yang dipakai untuk menyusun indeks itu adalah kesediaan responden menerima pengungsi di rumah, lingkungan sekitar, maupun kota mereka. Jumlah responden mencapai 27 ribu orang dengan metode wawancara tatap muka.

Dari wawancara itu, 46 persen responden asal China bersedia menampung pengungsi di rumah mereka langsung. Selanjutnya, 29 persen responden Inggris mengaku siap membuka pintu rumah bagi imigran yang kabur dari negara dikoyak perang.

Untuk negara tak ramah pengungsi, posisi tertinggi diraih Rusia. Sebanyak 61 persen responden di Negeri Beruang Merah menolak jika negaranya harus menampung pengungsi. Persepsi mayoritas responden Indonesia juga tidak positif jika harus menampung pengungsi di rumah masing-masing.

Shetty menyatakan indeks ini masih awal dan akan terus dikembangkan. Namun bisa dilihat bahwa penduduk China sebetulnya menerima kemungkinan adanya pengungsi. Selama dua tahun terakhir pemerintah pusat di Beijing belum membuka pintu bagi para pengungsi, utamanya 270 ribu penduduk Suriah yang kabur dari negaranya akibat perang saudara.

“Saya pikir hasil indeks ini bisa mengirim sinyal dari warga China, agar pemerintah mereka mengubah sikap,” kata Shetty.

Indeks ini akan diluncurkan secara resmi oleh Amnesty International di KTT Kemanusiaan Dunia di Kota Istambul pada 23-34 Mei mendatang.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge