0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi ke Rusia, Teringat Soekarno

merdeka.com
Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden Vladimir Putin (merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Mereka berdua bertemu di kediaman resmi Presiden Federal Rusia Bocharoc Rucey.

Pertemuan itu membahas upaya peningkatan ekspor minyak sawit Indonesia ke Rusia dan peningkatan kerja sama di sektor ekonomi lainnya. Presiden Jokowi juga menyampaikan kepada Putin bahwa pemerintah Indonesia berniat membeli properti di Kota Moskow sebagai gedung pengganti KBRI yang sedang direnovasi.

Salah satu yang menarik dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi bernostalgia sejarah kedekatan Indonesia dan Rusia di masa lampau. Hubungan bilateral Indonesia dengan Rusia sudah berjalan lebih dari 60 tahun. Kemesraan Indonesia dan Rusia sudah dimulai di era Presiden Soekarno yang juga pernah bertandang ke Rusia.

“Hubungan sejarah panjang kita sejak Presiden Soekarno perlu kita tingkatkan lagi sekarang ini dan saya ingin agar hubungan ekonomi, hubungan politik, hubungan budaya ini juga dikembangkan lagi,” ujar Jokowi, Kamis (19/5).

Presiden Putin mengapresiasi pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi. Termasuk membahas isu internasional. Putin juga mengatakan negaranya ingin dapat meningkatkan nilai perdagangan bersama Indonesia.

“Saya harap delegasi Indonesia dapat merasakan keramahan Rusia,” katanya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge