0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Platini Mundur, UEFA segera Pilih Presiden Baru

Michel Platini (c) Afp (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Federasi sepak bola benua eropa atau UEFA, akan melakukan pemilihan presiden baru pada 14 September mendatang. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengganti Michel Platini yang tersangkut kasus hukum.

Pemilihan presiden baru UEFA akan dilakukan di Athena, Yunani. Para kandidat punya waktu sampai 20 Juli mendatang untuk mendeklarasikan niatnya untuk maju dalam pemilihan. Platini telah mengungkapkan niatnya untuk mengundurkan diri dari jabatan presiden UEFA.

Dia akan mundur setelah terseret kasus skandal korupsi yang menggegerkan dunia sepakbola pada tahun lalu. Dia ketahuan mendapatkan uang sejumlah 2 juta franc Swiss dari mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter, pada 2011 lalu.

Menurut Platini, uang tersebut adalah imbalan atas pekerjaan sebagai konsultan yang dia lakukan untuk Blatter pada 1998-2002. Namun, Komite Etik FIFA menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran, yang kemudian berbuah larangan keterlibatan dalam segala aktivitas sepakbola selama delapan tahun untuk Platini dan Blatter.

Komite Banding FIFA kemudian memangkas hukuman tersebut menjadi enam tahun. Hukuman itu kembali dikurangi menjadi empat tahun oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Sejumlah nama mulai bermunculan dalam bursa pemilihan calon presiden baru UEFA. Seperti presiden asosiasi sepak bola Belanda, Michael van Praag, yang telah mengungkapkan ketertarikannya untuk maju dalam pemilihan. Pun halnya presiden federasi sepak bola Slovenia, Aleksander Ceferin, kabarnya juga berminat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge